Sabtu, 16 Oktober 2010

budaya dan manusia

Budaya dan Manusia

Budaya merupakan kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, budaya merupakan identitas seseorang dan membentuk suatu ciri khas manusia. Dan manusia mencerminkan budaya yang di milikinya. Tidak ada manusia yang tidak memiliki budaya. Contoh singkat, seseorang yang berasal dari jawa tengan biasanya berbicara dengan halus dan bahasa yang digunakan adalah bahasa khas jawa tengah, sedangkan seseorang yang berasal dari daerah Sumatra biasanya berbicara agak keras dan menggunakan bahasa khas Sumatra.
Dari segi selera rasa, setiap daerah memiliki khas. Contoh Jawa Tengah lebih cenderung lebih manis, Padang lebih cenderung pedas. Walaupun demikian Indonesia memiliki motto : “ Bhineka Tunggal Ika”. Yang memiliki arti Walaupun Berbeda Namun Tetap Satu. Budaya setiap daerah juga memiliki perbedaan-perbedaan. Contoh kecil , kuburan batu dan tata cara kematian di Tana Toraja berbeda dengan Ngaben dan tata cara kematian di Bali.
Budaya juga berhubungan dengan sejarah manusia. Di suatu daerah, ada sebuah gua yang di dalamnya terdapat peninggalan manusia zaman batu. Di Zaman batu semua manusia tinggal di dalam gua-gua, untuk melindungi diri dari cuaca dan hewan pemangsa. Sebelum mengenal cat atau pewarna lain, mereka menggunakan pewarna alami seperti batu yang berwarna kuning dan batuan kapur untuk menghasilkan warna putih.
Mereka melukis dan memberi warna dengan batu tersebut di hancurkan lalu diberikan air. Tangan- tangan merekalah yang menjadi alat untuk melukis dan ditempelkannya di dinding-dinding gua. Tujuannya ialah ingin menceritakan apa yang terjadi atau memberikan petunjuk- petunjuk pada masa itu. Di setiap daerah memiliki sejarah budaya masing-masing dengan peninggalan yang berbeda. Seperti candi ,prasasti dan yang lainnya. Adapun tarian -tarian serta senjata yang dimiliki.
Jadi, Indonesia merupakan gudang budaya yang harus kita jaga dan dilestarikan, serta harus di akui di seluruh dunia. Kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki, karena itu merupakan keunikan yang hanya dimiliki Indonesia.


maya rantami s
1pa04
14510294


Tidak ada komentar:

Posting Komentar